Google+ Followers

Rabu, 14 Agustus 2013

Ada Mikrocip Lebih Hebat dari Sinar X

California Institute of Technology sedang mengembangkan mikrocip canggih generasi terakhir. Berguna untuk segala macam, mulai menembus benda padat hingga pendeteksi penyakit.

Ukuran mikrocip ini sangat kecil sehingga bisa dipasang di ujung jari manusia. dapat memancarkan gelombang terahertz (T-ray atau sinar-T) yang menembus benda padat tanpa memberi efek merusak seperti sinar-X.
 
drishtikone.com
Dengan demikian, mikrocip yang belum diketahui nama produknya ini mampu menemukan silet yang tersembunyi di dalam plastik atau dapat mengukur kandungan lemak dalam sebuah daging ayam. Untuk ukuran lebih besar, pemindai ini mungkin dapat digunakan di pos pengamanan bandara.

“Dengan biaya yang sama rendahnya dengan teknologi sirkuit terpadu yang biasanya digunakan untuk membuat mikrocip pada ponsel atau notepad saat ini, kita dapat membuat cip silikon yang mampu bekerja hampir 300 kali lebih cepat dari mikrocip-mikrocip di ponsel pintar tersebut,” ujar Ali Hajimiri, salah seorang teknisi dari California Institute of Technology.

 
medicineworld.org
Teknologi pemindaian sinar-T ini juga diharapkan menjadi perangkat masa depan yang mampu meniru kekuatan pemindaian medis dari “Star Trek” tricorder (awal tahun 2012 lalu, X Prixe Foundation meluncurkan Qualcomm Tricorder X Prize seharga $10 juta). Artinya, bila dipasang pada ponsel pintar maka bisa jadi perangkat medis yang sangat berguna bagi dokter di rumah sakit.

Pihak militer pun juga dapat menggunakan mikrocip ini sebagai alat pemindai yang dapat dengan mudah dibawa ke medan perang, baik untuk tujuan keamanan maupun untuk tujuan medis di lapangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar